Dikenal atau Mengenal?

Oke akhirnya saya bisa nge-blog lagi (ditengah-tengah euforia UAS yang memuakkan karena ngga kelar-kelar).

Jika anda mendapati suatu pilihan seperti ini, manakah yang akan anda pilih? Dikenal atau mengenal?. Seperti artis, pejabat tinggi, penulis, mereka tentu saja lebih banyak dikenal daripada mengenal. Karena popularitas, jabatan, dan tentu saja, relasi. Yup, relasi (tolong jangan ingat matematika dulu). Karena mereka punya banyak kenalan dengan orang-orang yang bisa mendongkrak popularitas mereka. Semakin banyak relasi, akan ada semakin banyak orang yang bisa mengenal mereka. Dikenal itu terkenal. Dikenal itu menyenangkan.

Sedangkan mengenal? Saya tentu saja lebih menyukai kata yang satu ini. Mengenal tentu saja berkesan, namun tetap dengan syarat:

  •  Jangan pernah memaksa orang yang tidak ingin berkenalan dengan anda. Itu hak mereka
  • Kalau sudah kenal, berusahalah untuk tetap menjaga hubungan yang baik diantara kedua belah pihak. Karena menurut pengalaman saya, saya lebih sering lupa dengan teman kenalan yang sudah lama tidak ada hubungan

Pada dasarnya, mengenal dapat membuat anda lebih mengetahui. Sedang setelah anda mengetahui, anda akan dapat memahami. Mengenal tentu juga harus punya relasi, relasi sederhana. Nggak muluk-muluk kok.

Nah kalau disuruh memilih, mana yang akan anda pilih? Kalau dikenal, tentu saja banyak modal yang harus dikeluarkan. Kalau mengenal, cukup berjabat tangan dan sapaan hangat. Simpel dan menyenangkan bukan?

“orang yang anda kenal akan lebih mempengaruhi kehidupan anda daripada orang yang mengenal anda”

 

4 pemikiran pada “Dikenal atau Mengenal?

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s