Menyalahi Peribahasa

“Suatu hasil itu akan berbanding lurus dengan proses yang kita lakukan. Kalau prosesnya baik pasti hasilnya baik. Begitupun sebaliknya.” Sering kan pembaca melihat, mendengar peribahasa semacam ini? Aku pun. Tapi, untuk kasus yang satu ini saja aku ingin menyalahkan peribahasa diatas. Kenapa? Karena tidak semua hasil yang baik diperoleh dari proses yang baik juga. Contohnya seperti apa sih? Hmm. Ya! Benar, apalagi kalau bukan soal contek-menyontek.

Ngerasa super duper kesel nggak sih kalau jawaban kamu sering diconteki sama temen kelas sendiri dan nilai temen kamu yang nyontek itu jauh lebih tinggi daripada nilai kamu? Ih, kesel banget kan? Aku pun. Padahal kita udah susah payah ngerjain sejujur dan semaksimal mungkin, eh enak aja setelah itu ada yang asal ngelirik jawaban terus disalin. Sama persis. Itu super duper ngeselin. Sama ngeselinnya sama temen yang dengan sekonyong-konyongnya searching jawaban lewat mbah gugel.

Emang apa sih untungnya nyontek? Dapet nilai bagus. Udah kan itu doang? Iya sih, emang dapet nilai bagus itu nyenengin, tapi nilai malah jadi nggak berkah, mental jadi lembek, hidup nggak tenang, nambah dosa, masa depan suram, dst. Pokoknya kalau udah nggak berkah itu udah medeni level dewa deh.

Sekedar informasi aja ya, ada lho orang yang dengan bangganya bilang kalau dia tukang nyontek, tukang searching, tukang kode jawaban. Dan dia ngomong kaya gitu juga dengan wajah yang sama sekali nggak ngerasa malu atau bersalah. Keterlaluan nggak sih? Urat malunya udah nggak ada kali ya? Haduh, harga diri udah makin turun aja nih kurs-nya.

Jadi mending gini deh, pakai peribahasa sahih yang ini aja, “Yang Allah lihat itu proses, bukan hasil.” Dijamin, kamu dapet nilai sejelek apapun kalau kamu ngerjainnya nggak pakai nyontek ataupun komat-kamit nggak jelas kamu tetep bakalan seneng kok. Trust me, it works!

Ohiya, aku nulis sok ceramah kaya gini juga bukan berarti aku nggak pernah nyontek. Justru karena dulu aku pernah nyontek, sekarang aku nyesel dan berusaha ekstra keras untuk nggak deketin diri sama yang namanya contek-menyontek lagi. Doakan aku, semoga tetep bisa istiqomah ya!

🙂

3 pemikiran pada “Menyalahi Peribahasa

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s