Ilmu Komunikasi Undip

Sekarang saya hanya akan berbagi cerita saja. Ini tentang ilmu komunikasi Undip. Iya, saya sekarang mahasiswi semester satu di jurusan ilmu komunikasi, fisip. Terlihat sok banget ya masih semester satu udah nulis-nulis soal begini, tapi nggak papa deh mau cerita aja sedikit apa yang aku tahu tentang jurusanku.

image

Yup, saya diterima di ilmu komunikasi Undip lewat jalur SNMPTN atau jalur undangan. Perlu diketahui, saya bukan siswi yang pintar, saya hanya cerdik memilih peluang. Kebetulan di angkatan kami (di jurusan IPS tentu saja) yang tertarik untuk kuliah di jurusan ilmu komunikasi hanya saya. Dari sekitar 50 orang, (di sekolah saya memang IPS minor, hanya ada 2 kelas, tidak seperti IPA yang ada 12 kelas) hanya saya yang memilih ilmu komunikasi Undip. The only one. Disitulah saya agak sedikit percaya diri karena saya tidak punya saingan di sekolah.

Detik-detik menjelang pengumuman SNMPTN tiba, semakin dekat semakin deg-degan. Saya cuma bisa pasrah dan ikhlas. Kalau diterima alhamdulillah, (karena saya memang ingin kuliah di jurusan ilmu komunikasi) kalau nggak diterima juga nggak masalah, toh saya juga sudah ikut tambahan SBMPTN tiap harinya, saya masih bisa berjuang dengan cara yang lain. Saat pengumuman, alhamdulillah saya lolos. Saya menangis sampai merefresh web browser saking tidak percayanya saya lolos, tetapi hasilnya masih sama, saya benar-benar lolos. Abah saya yang tahu saya menangis karena lolos malah tertawa. Saya ingat betul kejadian itu.

Dan, disinilah saya. Sudah satu semester saya belajar dan beradaptasi di ilmu komunikasi Undip. Terasa menyenangkan, karena mata kuliah untuk semester awal masih seperti SMA, ada mata kuliah wajib seperti pendidikan agama, pendidikan jasmani, bahasa inggris, bahasa indonesia, kewarganegaraan, dan pengantar-pengantar ilmu yang mengarah pada jurusan. Kalau di ilmu komunikasi ada pengantar ilmu sosial, pengantar ilmu politik, pengantar ilmu ekonomi, pengantar ilmu komunikasi, dan sebagainya.

Ohya, di fisip Undip sistemnya adalah paket, jadi selama semester satu sampai tiga kami belum memilih mata kuliah sendiri. Baru setelah semester empat (di jurusan ilmu komunikasi) kami bisa mengisi kartu rencana studi sendiri dan kami bisa memilih jurusan apa yang akan kami pilih. Iya, kami akan dijuruskan lagi, ada dua pilihan, jurnalistik atau komunikasi strategis. Untuk saat ini saya lebih condong ke jurnalistik, tapi entahlah nanti jika saya berubah pikiran hehehe.

Kuliah di ilmu komunikasi itu asyik banget! Apalagi teman-temannya. Mereka semua baik, dan rata-rata suka menonjolkan diri dengan berbicara. Ya namanya ilmu komunikasi, punya banyak teman yang suka berbicara itu wajar. Tapi bukan berarti jadi anak ilmu komunikasi harus cerewet ya, teman-temanku juga ada kok yang kalem dan pendiam, tapi kalau udah disuruh nulis, wah cerewet banget tulisannya (baca: berbobot).

Asiknya jadi anak ilmu komunikasi Undip selain teman-temannya yang super baik dan ramah, juga karena dosen-dosennya yang menyenangkan saat mengajar sehingga kami semua paham. Kami pun tak perlu memanggil beliau-beliau dengan panggilan Pak atau Bu, karena dosen-dosen ilmu komunikasi lebih suka dipanggil Mas atau Mbak. Biar merasa awet muda, jawab salah seorang dosen saat ditanya alasannya oleh mahasiswa baru.

Belajar di ilmu komunikasi Undip juga sungguh seru karena mata kuliahnya yang menarik untuk dipelajari, seperti komunikasi antar pribadi,Β  dasar jurnalistik, dasar komunikasi strategis yang akan dipelajari di semester II, ada psikologi komunikasi, sosiologi komunikasi yang akan dipelajari di semester III, kemudian mulai semester IV mata kuliah yang diambil sudah mata kuliah dari jurusan yang dipilih (jurnalistik atau komunikasi strategis).

Kuliah di ilmu komunikasi Undip nggak kaya kuliah lho, soalnya saya nggak ngerasa terbebani dengan tugas-tugas yang diberikan selama nggak ada sangkut pautnya dengan matematika (iya karena saya amat sangat membenci pelajaran tersebut). Terus karena tugas-tugas yang diberikan juga untuk mengasah kekreatifan dan kekritisan kita dalam menulis, berbicara, atau apapun, dan saya menyukainya.

Lulusan ilmu komunikasi, mau jadi apa? Ini nih yang sering banget ditanyain sama saudara-saudara dari orang tua, juga teman sebaya, adik-adik kelas. Sering ngeselin emang kalo udah dapet pertanyaan ini. Nah, ini saya kasih jawabannya ya:
1. Praktisi komunikasi bidang jurnalistik
2. Praktisi komunikasi bidang komunikasi strategis
3. Peneliti komunikasi
4. Akademisi komunikasi
5. Dan masih banyak yang lainnya
Yang diatas saya kira sudah mencakup semuanya ya. Jadi, masih ada alasan untuk nggak ngejawab pertanyaan-pertanyaan, “mau jadi apa masuk ilmu komunikasi?”

Jadi tunggu apalagi? You cannot not communicate! Ayo gabung di Ilmu Komunikasi Undip!

Salam komunikasi! Fun, smart, and dynamic! πŸ™‚

Jurusan favorit calon menantu lho…

30 pemikiran pada “Ilmu Komunikasi Undip

  1. Halo dear Niswah πŸ™‚
    ..akhirnya ketemu juga ‘rumah’nya..
    entah kenapa selalu eror saat mencoba membuka ‘rumah’nya
    Salam kenal ya, terimakasih sudah berkunjung duluan. ^^

    Selamat sudah resmi jadi mahasiswi πŸ™‚

    • Hmm, banyak sih dek, pertama karena saya pribadi nggak suka hitung-hitungan yang seperti ekonomi atau akuntansi, saya lebih suka menghapal. Kedua, karena saya suka menulis, di ilmu komunikasi kemampuan menulis saya jadi lebih terasah karena tugas-tugas kuliahnya nggak jauh-jauh dari bikin tulisan ehehe. Ketiga, saya tertarik dengan jurnalistik, tertarik bagaimana caranya membuat sebuah berita, menjadi editor, menjadi jurnalis yang baik. Keempat, restu dari kedua orangtua. Kelima dan yang terpenting, saya merasa nyaman setelah berada di jurusan ilmu komunikasi, istilahnya, passion saya ya di sini, begitu. Semoga membantu dek! Ayo gabung di ilmu komunikasi πŸ™‚

  2. Kak, beri tipsnya dong biar bisa diterima. Aku juga pengen kuliah jurusan jurnalistik. Di jawab ya kak. Sebentaar lagi kan mau snmptn. Dan beri tipsnya ya biar bisa lolos snmptn hehe😁 makasih

    • Wah tipsnya sih kalau udah kelas xii kaya kamu sekarang mending banyak-banyakin doa sama latihan untuk sbmptn. Bukannya apa-apa, cuma kalau udah kelas xii kan udah nggak ada harapan untuk ngubah rapor smt 1-5. Jadi bersiap untuk kemungkinan terburuk, harus ikut sbmptn karena gagal snmptn. Saya dulu juga begitu kok.
      Kalau mau tips tambahan (mungkin tidak begitu banyak membantu), kamu bisa cari univ yang pesaing dari sekolahmu sedikit atau malah nggak ada, tapi inget, tetep harus ada alumni yang ada di univ dan jurusan yang kamu penginin ya! Terus pastikan alumni yang kuliah di univ dan jurusan yang kamu pilih punya ip yang baik di kampusnya, atau punya reputasi yang baik.
      Semoga bisa membantu πŸ™‚

    • Kalo sekarang ada sistem UKT untuk tiap PTN, semakin tinggi golongan UKT-nya, semakin besar biayanya. Kalau saya dapat golongan 7, biayanya 6,5 juta tiap semester. Tapi biaya ini nggak mutlak, berbeda di tiap univ atau pun jurusan

  3. good luck with your studies!
    saya alumni komunikasi undip juga
    udah tuwir, ga usah tanya angkatan berapa…

    abis browsing2 ketemunya eh blog kamu
    i did have fun when i was student
    our major are totally fun indeed!

    kangen sama mas jojo, mas harjo, mas hedi, mas TL, mba tyas, bu heri…
    haha bringing back the old memories…

    have fun kuliahnya!!!

    • Wah postingan semester 1 masih ada yang baca ternyata. Halo kakak alumni Ilkom Undip! πŸ™‚
      Mas jojo, mas harjo, mas hedi, mbak tyas, dan bu heri kabarnya baik semua kak, masih ngajar juga. Mas TL masih lanjut studi jadi cuti sejenak hehehe.
      Iya kak have fun banget nih udah semester lima, terima kasih kak udah disemangatin :))

  4. kak, kalau undip itu masih ngeliat anak2 dari region semarang yg didahulukan atau nggak? soalnya saya dari luar semarang tapi berminat juga di ilkom undip._. sama waktu kaka milih undip itu pilihan keberapa dan kalo boleh tau pilihannya kaka apa aja ya? terimakasih kak

    • Nggak ada region kalau masaku dulu, jadi seimbang yang asli Semarang dan di luar Semarang.
      Saya pilihan pertama ilkom undip, kedua sastra inggris undip, ketiga ilkom uns. Semoga membantu ya! πŸ™‚

  5. Kak mau nanya, kalo mau masuk jurusan ilkom harus pinter b.inggris nya gk kak? Aku mau masuk jurusan ilkom tpi b.imggris ku masih rendah banget :”(
    Saya harap bisa di bantu jawab
    Terima kasih sebelum nya πŸ™‚

    • Nggak harus pinter bahasa Inggris kok, toh nanti kalau udah masuk di jurusan Ilmu Komunikasi ada mata kuliah bahasa Inggris juga πŸ™‚

      Semoga membantu ya, sukses untuk snm, sbm, dan seterusnya πŸ˜‰

  6. kak saya boleh nanya gak?saya berminat banget di ilmu komunikasi. tapi ternyata teman saya ada juga yang ikut ilmu komunikasi mungkin ada sekitar 3 orang lebih. menurut kakak apakah saya harus yakin dengan jurusan ilmu komunikasi itu?tolong direspon ya kak… terima kasih

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s