Memaafkan Tidak Sama Dengan Melupakan

Kalau ada yang bertanya apakah aku ini seorang yang pemaaf, maka aku akan berkata iya. Iya, bagiku memaafkan itu mudah. Tetapi jika dilanjutkan dengan pertanyaan, apakah setelah memaafkan kesalahan seseorang kamu bisa melupakannya? Maka jawabannya tidak. Tidak akan pernah. Apa alasannya? Entahlah, tapi aku memang selalu memikirkan hal-hal yang bahkan tidak penting untuk dipikirkan.

Orang meminta maaf karena melakukan kesalahan bukan? Bagaimanalah bisa aku melupakan kesalahan yang membuat hati teriris, emosi membuncah, mata memerah. Tidak ada perasaan yang lebih buruk selain itu. Menggeram. Marah bukan kepalang. Mengutuk berulang-ulang. Rasa itu benar-benar menguras emosi. Bagaimanalah bisa dilupakan? Ketika ingin dilupakan kesalahannya malah tergambar semakin jelas.

Dan ya, karena tidak bisa melupakan aku menjadi pendendam yang memendam. Maksudnya begini, okelah aku sudah memaafkan kesalahannya, tapi tetap aku tidak akan melupakannya. Okelah aku berbincang-bincang dengannya, bermain bersama, tertawa bersama, tapi tetap masih kuingat betul setiap detil kesalahan yang ia lakukan ketika menghabiskan waktu bersamanya.

Semakin kamu ingin melupakannya, maka kamu tahu semakin tidak akan pernah bisa dilupakan.

Lima tahun lalu. Perasaan dipermalukan di depan orang banyak bahkan di hadapan seseorang yang aku segani. Rasa marah yang begitu besar sehingga aku tidak mampu berkata-kata lalu memutuskan untuk masuk ke kamar mandi. Menyalakan air keran. Menangis sejadi-jadinya disana. Mengutuk, mengumpat, lalu sulit bernapas karena aku menangis tanpa suara. Semuanya masih tergambar dengan sangat amat jelas, bahkan aku ingat aku sedang memakai pakaian apa saat itu.

6 pemikiran pada “Memaafkan Tidak Sama Dengan Melupakan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s