Kebaikan

Kebaikan akan selalu dibalas dengan kebaikan.

Satu nasehat yang selalu simbah dan abah saya katakan, dan saya mengamalinya dalam kehidupan sehari-hari saya. Apa salahnya menjadi baik? Apa ruginya menolong orang lain? Tidak ada. Justru dengan berbuat baik, kebaikan akan datang pada kita berkali-kali lipat jumlahnya.

Tapi kadang saya berpikir, saya berbuat baik kepada orang yang salah. Bukan karena saya tidak mendapatkan balasan kebaikan dari orang yang saya tolong, tapi lebih ke, mengapa saya harus menolong orang tersebut? Mengapa saya menolong seseorang yang tidak pernah saya dapatkan satu pun kebaikan dari dalam dirinya? Baik di sini bukan soal balas jasa atau tanda terima kasih, tapi baik dalam artian seseorang itu bersikap baik kepada saya. Bersikap seperti layaknya seorang teman atau sahabat, misalnya.

Paling tidak, hargai. Saya manusia, sama seperti manusia-manusia lainnya, yang akan merasa sedih bila diperolok di depan banyak manusia lainnya.

Duh, kenapa saya jadi sensitif sekali ya…

Nggak papa, Rasulullah malah dulu diludahi, dicerca, dilempari tai sama seorang nenek tua yang amat membenci Beliau. Tapi Rasulullah malah menjenguk nenek tua itu ketika sakit, bahkan menyuapinya juga. Yang saya alami cuma 0,000 persen penderitan Rasul, pun ini penderitaan yang pasti pernah dialami orang lain, bukan cuma saya seorang. Hehehehe.

“Rejeki itu datangnya lewat orang lain, Jar. Semakin banyak abah berbagi, semakin banyak dan berkah rejeki yang abah dapet.” -Abah

2 pemikiran pada “Kebaikan

  1. bener banget! kadang kita pengen banget nolong seseorang, tapi sayangnya dia ga ada feedback baik ke kita dan bikin kita mikir 100000x utk nolong orang itu. emg agak susah ya munculin rasa ikhlas:”

    btw kenapa kata t41 nya ga diganti kotoran aja tun wkwkwkkw

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s