Review Drama Korea: Reply 1988

Oke, kali ini saya akan review drama korea yang berjudul Answer Me 1988 atau lebih sering dikenal dengan nama Reply 1988. Drama ini ada dua puluh episode (berbeda dari Reply 1997 yang hanya 16 episode atau Reply 1994 yang ada 21 episode) dan tayang di TvN sekitar enam bulan atau tujuh bulan yang lalu. Dengan cast yang sama sekali belum pernah saya lihat di drama sebelumnya, ada Hyeri yang merupakan salah satu anggota dari girlband ‘Girl’s Day’, Ryu Jun Yeol yang merupakan aktor baru dalam dunia perdramaan, Go Kyung Pyo yang sebelumnya sudah pernah ada pengalaman bermain peran di drama Flower Boys Next Door, dan menjadi cameo di drama Warm and Cozy. Lalu ada Park Bo Geum, aktor yang akhir-akhir ini kita tahu sebagai teman karib Song Joong Ki (main-lead di drama Descendant of The Sun), lalu Lee Dong Hwi, aktor multitalenta yang luar biasa.

r

Nilai dari saya adalah 9,5 dari 10 untuk drama ini. Kenapa? Karena jujur, sampai saat ini Reply 1988 masih merupakan drama favorit yang menduduki peringkat pertama semasa hidup saya menonton drama korea. Judul Reply 1988 ini dibuat sesuai dengan drama pendahulunya, yaitu Reply 1997 dan Reply 1994. Jadi isi ceritanya nggak jauh beda sama drama pendahulunya, seputar keluarga, persahabatan, dan cinta yang terjalin di masa lalu. Sesuai judul, Reply 1988 ini bersetting di tahun 1988, tahun di mana HP atau bahkan pager masih belum ada. Reply 1988 ini bercerita tentang lima orang anak yang disebut sebagai Geng Ssangmundong, Duk Seon (Hyeri ‘Girl’s Day), Jung Hwan (Ryu Jun Yeol), Dong Ryong (Lee Dong Hwi), Sun Woo (Go Kyung Pyo), dan Taek (Bo Geum) yang sedang menikmati indahnya masa-masa SMA mereka.

Drama dengan genre family-comedy ini sukses membuat saya terbahak dan menangis di episode yang sama. Kekurangan dari drama ini menurut saya (dan juga sebagian besar penonton lainnya) terletak pada ending yang masih tidak fair, cuma it’s ok, karena tidak semua drama berakhir bahagia kan? Yang penting, banyak sekali pesan moral yang bisa saya dapatkan setelah menonton Reply 1998.

Lebih pentingnya lagi, drama ini cocok banget buat ditonton bareng keluarga, kakak-adik, kakak-adik-zone, teman atau sahabat, bahkan kakek-nenek ikut nonton pun diperbolehkan, karena genrenya yang memang seputar keluarga dan semua kalangan usia pasti bisa menikmatinya kok.

Oke, sekian review singkatnya, untuk yang ingin tahu lebih detail, cus.

Reply 1988 bercerita tentang seputar kelima tokoh utama seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Kelima anak SMA ini sudah bertetangga sejak mereka lahir, jadi nggak heran kalau mereka akraaab banget!

duksun
Kelakuannyaaa hahahaha!

Ada Duk Seon, satu-satunya perempuan di Geng Ssangmundong yang punya karakter tidak tahu malu, gila, absurd, aneh, dan pecicilan. Meskipun begitu, Duk Seon di sini diceritakan sebagai anak kedua dari tiga bersaudara yang dianggap paling nrimo di antara saudara lainnya. Duk Seon jarang merepotkan ibunya, selalu mengalah, pasrah ketika hari ulang tahunnya dirayakan bersama kakaknya karena berada di bulan yang sama, dan yang paling penting, kehadiran Duk Seon ini juga yang paling sering dilupakan… sama kedua orang tuanya hahaha. Di episode pertama dijelasin kok kenapa Duk Seon, si anak kedua (sama kaya saya) kelihatan jadi yang paling kasian di antara kedua saudara lainnya. Ya karena orang tua terlalu sibuk memikirkan nasib si anak sulung, dan memanjakan si anak bungsu, jadi, menjadi anak kedua itu seringkali… terabaikan, hiks hiks. Tapi seiring dengan berjalannya episode, Duk Seon pada akhirnya diperlakukan sama dengan saudaranya yang lain. Jujur, ini episode pertama yang bercerita tentang Duk Seon, sukses buat saya nangis kejer, mungkin karena sama-sama anak kedua jadi ya.. I know what you feel, Duk Seon, you’re not alone. :’)

Kalau dari persahabatan kelima orang Geng Ssangmundong, Duk Seon dikenal sebagai cewek gila yang hobi berteriak dan mengeluh, malas belajar, payah dalam menari, dan nggak peka. Kehadirannya di Geng Ssangmundong membuat dua temannya yang lain, pada akhirnya jatuh hati padanya (nah mulai nih keliatan ada cinta segitiganya).

junghwan
Jung Hwan, karakter yang memikat semua penontonnya :3

Lalu ada Jung Hwan (tokoh favorit saya!) yang berperan sebagai seorang tsundere. Di keluarganya, merupakan anak bungsu dari dua bersaudara. Lahir dari keluarga yang paling miskin di antara keempat temannya, tapi tiba-tiba pada suatu hari, kakaknya yang selalu gagal masuk ujian universitas lebih dari lima kali, beruntung memenangkan lotre dengan hadiah besar. Lalu pada akhirnya, keluarga Jung Hwan jadi yang paling kaya di antara keempat tetangga lainnya, hahaha. Nah, karena itulah keluarga Jung Hwan memiliki hati yang hangat. Ibunya Jung Hwan baik banget sama temen-temen Jung Hwan atau pun sama orang tua temen-temennya. Kalau bapaknya Jung Hwan… aih sumpah bapaknya kocak dan absurd banget. Kalau Duk Seon disebut gila, bapaknya Jung Hwan ini lebih gila dari gila hahaha. Setiap kali bapaknya main peran, aku nggak pernah bisa berhenti ketawa. xD

Di Geng Ssangmundong, Jung Hwan ini dikenal sebagai maniak komik dan lagu. Hobinya kalau nggak belajar sambil dengerin musik, ya baca komik. Nggak heran kalau Jung Hwan pinter dan punya cita-cita pengen jadi pilot. Jung Hwan ini karakternya dingin-galak-jinak-merpati hahaha. Kalau sama ketiga temennya yang cowok (Dong Ryong, Sun Woo, Taek) dia baiiik banget, tapi kalau sama Duk Seon ahahaha jahat! Sadis! Cuek! Tapi gitu-gitu, diem-diem Jung Hwan suka sama Duk Seon udah dari episode pertama lho. Dan siap-siap aja ya buat yang udah jatuh hati sama pesonanya Jung Hwan, bakalan sakit hati di episode-episode akhir. Hiks.

dongryong
Dong Ryong, si gila menari

Kemudian, Dong Ryong! Si gila menari yang nggak tahu malu dan hobinya garuk-garuk pantat hahaha. Dia ini karakternya kocak dan loveable banget. Di keluarganya, dia jadi anak bungsu dari beberapa saudara laki-laki. Tapi Dong Ryong ini diceritakan kurang kasih sayang karena bapaknya sibuk bekerja menjadi guru dan ibunya juga menjadi wanita karir. Itu sebabnya Dong Ryong keliatan jadi anak yang paling homeless. Dia lebih suka menghabiskan waktunya main di rumah Taek, mendengarkan musik sambil menari, atau pun membaca komik ditemani Jung Hwan.

Di Geng Ssangmundong sendiri, Dong Ryong dikenal sebagai good advisor dan good listener. Ketika keempat temannya sedang ada masalah, pasti larinya ke Dong Ryong. Si Jung Hwan sama Duk Seon juga sering banget minta nasehat sama Dong Ryong. Dia juga orang yang easy going dan malas belajar, sama seperti Duk Seon hahaha. xD

sunwoo
Si jenius

Keempat, Sun Woo. Lahir dari keluarga yang sederhana namun penuh kasih sayang. Anak sulung dan hanya memiliki satu adik perempuan yang masih kecil dan menggemaskan. Ayahnya meninggal karena kecelakan pesawat, membuat Sun Woo menjadi lebih perhatian kepada ibu dan adiknya. Warm-hearted banget nih Sun Woo kalau sama orang lain. Saya pun sempat dibuat jatuh hati sama karakternya dia. Cewek mana sih yang nggak suka sama cowok ramah, jenius, penuh kasih sayang, dan baik banget?

Di gengnya, Sun Woo tidak terlalu mencolok karena Dong Ryong dan Duk Seon sudah cukup mencolok karakternya hahaha, tapi Sun Woo adalah teman yang setia dan bisa diandalkan. Kalau teman-temannya lapar, Sun Woo berbaik hati memasakkan mie ramen. Sun Woo juga seorang pemberi saran yang baik untuk keempat teman-temannya.

taek
Taek raja baduk!

Terakhir, Taek. Si pendiam yang diam-diam juga menyukai Duk Seon. Taek jarang sekali berbicara, dan sorot matanya begitu polos. Itulah yang membuat Taek selalu dicintai dan dimanja oleh keempat teman-temannya. Taek hanya tinggal bersama ayahnya, itu juga yang membuat rumah Taek selalu jadi tempat perkumpulan Geng Ssangmundong setiap harinya.

Di gengnya setiap berkumpul, Taek selalu sibuk memainkan baduknya (catur korea). Iya, Taek adalah seorang raja baduk di usianya yang masih muda. Prestasi di tingkat nasional dan internasional sering ia dapatkan. Nggak heran kalau pada akhirnya Taek ini memutuskan untuk fokus memainkan baduk dan tidak bersekolah. Taek ini seringkali iri lho sama keempat temannya, tapi Duk Seon sama Dong Ryong juga sering iri karena ngeliat Taek nggak sekolah, ahahaha. xD

Selain kelima tokoh yang sudah saya sebutkan tadi, masih ada banyak tokoh yang lain. Seperti kedua orang tua Duk Seon, kakak dan adik Duk Seon, kedua orang tua Jung Hwan, kakak Jung Hwan, kedua orang Tua Dong Ryong, Ibu Sun Woo, adik Sun Woo, Ayah Taek, dan masih banyak lagi. Karena ini genrenya keluarga, jadi jelas, setiap kelima tokoh utama pasti akan diceritakan latar belakang keluarganya. Dan itu menarik banget!

Tentang menjalani hidup tanpa teknologi- Pernah nggak sih ngebayangin hidup di jaman di mana teknologi masih sebatas tv layar hitam-putih dan radio? Menjalani hidup tanpa internet, HP, games tahu bulat, snapchat, dan sebagainya? Pasti rasanya suwung banget. Nah inilah yang bikin Reply 1988 jadi istimewa, karena teknologi yang masih terbatas membuat kita yang hidup di jaman serba canggih merasa iri untuk merasakan kehidupan di masa 1988.

Tentang persahabatan- Karena masih belum ada teknologi yang modern, di sini intensitas bertemu dengan teman jadi sangat sering. Apalagi Geng Ssangmundong yang memang rumahnya saling bersebelahan satu sama lain membuat mau tidak mau, untuk membunuh waktu, ya berkumpul bersama teman sebaya. Dari drama ini saya betul-betul iri, kualitas pertemanan di jaman dulu sama jaman sekarang ternyata memang berbeda.

Tentang keluarga yang selalu ada- Kisah dari masih-masing keluarga yang ditampilkan oleh kelima tokoh yang berbeda, membuat saya mendapatkan banyak sudut pandang dan pesan moral yang bisa saya dapatkan. Bagaimana orang tua Jung Hwan yang meskipun kaya raya, tidak pernah pelit dan rumahnya selalu terbuka untuk siapa saja. Bagaimana orang tua Duk Seon, yang dengan segala kesederhanaannya, tidak pernah berhenti untuk membuat anak-anaknya bahagia. Bagaimana orang tua Taek dan Sun Woo yang merupakan single parent, berusaha mati-matian untuk menghidupi keluarganya. Lalu bagaimana orang tua Dong Ryong, yang meski sangat sibuk, masih menyempatkan waktunya untuk mengurus anak-anaknya.

Tentang komedi yang menggelitik- Ini merupakan scene-scene lucu favorit saya ahahaha.

Duo kocak bin gila nyanyi, ahahaha xD

Dong Ryong waktu lomba nyanyi wkwkwk

Duk Seon sama kakaknya Jung Hwan, Jung Bong, rebutan makan kue ulang tahun hahaha

Waktu mau berangkat sekolah, eh keluar dari gerbang rumahnya bisa sehati ❤

Ketika Duk Seon gila bertemu ayah Jung Hwan yang lebih gila, ngakak!

Duk Seon adalah penari yang buruk wkwkwk x’D

Bertiga nyanyi dan nari lagu Sobangcha, permintaan dari Duk Seon tercinta ahahaha

Ibunya Jung Hwan ikutan lomba nyanyi, can’t stop laugh x’D

I think, this is the funniest part! xD

Duk Seon dan ayah Jung Hwan (lagi), lebih gila (lagi) xD

Dan masih banyak lagi kesan yang bisa didapatkan setelah menonton Reply 1988 terlepas dari endingnya yang masih kurang memukau. Tapi over all, saya sangat puas dan sangat menikmatinya. Pastikan untuk tidak terlalu banyak berharap dengan love-endingnya, karena nanti jatuhnya sakit banget lho. :’)

Lebih baik nikmati saja cerita tentang keluarga dan persahabatannya, karena Reply 1988 betul-betul indah! Dari ketiga series Reply, Reply 1988 tetap yang paling luar biasa, meski untuk bagian ending Reply 1997 dan Reply 1994 lebih bagus dan fair, sih. Di setiap episode durasinya satu setengah jam, lama ya? Tapi beneran, nggak bakalan kerasa lama karena asik banget alurnya.

Siapkan tisu, siapkan cemilan, siapkan waktu luang, karena Reply 1988 siap mengguncang kalian wkwkwk. Selamat menonton! 🙂

 

17 respons untuk ‘Review Drama Korea: Reply 1988

  1. Aaakkk walaupun aku skip skip *bagian ibu ibu rumpik*

    Aku sukaa drama ini. Park Bo Geum, nikahin adek. 😍

    Sumpaa ya Za, bagian si Ryu kemejaan item nyatain perasannya tp dbawa becanda kemudiam, itu adegan favoritku, feelnya dapaat 😭😭😭

    • Padahal bagian ibuk-ibuk rumpinya sering bikin ngakak lho kak ahahaha 😂

      Iya kak, Taek ganteng banget ya, imut lagi 😍

      Aaak, mengingatnya lagi membuatku sakit hati kak hiks hiks, tapi lucu ya karena cincin yang dipake Jung Hwan cincin batu akik 😂

      • Aku ga kuat liat teriak2nya, debat, ramenya itu lho haha 😂😂

        Itu lhoo, gentle dan straightforward banget, aku sukak

        Kenapaaa kenaapa, pdhl aku smpt ngira jdian sm diaa 😭

        Akik rek mpe korea 😂

    • Uri jungpaaaal, waenyol 😭 tolong aku juga rey yang masih belum move on sama ending yang kampret itu hiks 😥

      Btw rey, lucky romance ep 10 bikin klepek-klepek lho buahaha *spoiler bertebaran*
      Dan btw lagi, ku habis nonton Hogu’s Love, worth to watch kekeke :3

      • Aaaaah taek emang 😣😣😤
        Wkwk aku udah liat spoilernya di bestkdrama za, sial. 😂
        Hogu’s love baguuus. Aku nonton udah lama tapi belum kelar ekwk (kebiasaan).

      • Taek emang taek 😂😣

        Paraah, lucky romance parah emang romancenya bikin baper rey 😭
        Yah rey, kebiasaan banget, padahal endingnya koplak banget 😂

      • Yausudalah yaa huh, kesel aja. Yg berusaha siapa yg dapet siapa😥

        Wkwk jungpal kereen banget disituu, dan dia jadi lebih sering keliatan cakepnya 😎
        Masa to? Aku baru nonton ep 1 deh kayanya. Dan udah lupa 😂

  2. Apalagi pas eps terakhir waktu mereka ninggalin komplek rumah mereka 😦
    Padahal tu komplek kenangan nyaa Banyak bngt, mulai dari lahir Smpe dewasa..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s