Ternyata Saya Seorang ISFJ

Yak, terima kasih Kak Jeka karena akhirnya aku tahu diriku yang sebenarnya hahaha! Jadi, barusan saya disaranin sama Kak Jeka untuk buka link https://www.16personalities.com/  untuk mengecek apakah saya seorang yang ENFJ, ENTP, ISTJ, dan sebagainya. Setelah sekitar 20 menit saya menjawab 60 pertanyaan berbahasa Inggris (iya sayangnya masih belum tersedia bahasa Indonesianya) sambil sesekali membuka kamus, akhirnya saya mendapatkan hasilnya. Saya adalah seorang ISFJ-A! Nah bingung kan itu artinya apa? Iya, sama, saya juga awalnya nggak paham. Lalu setelah baca hasilnya, ooh jadi begitu to…

ra
Ini hasilnya!

Jadi, menurut hasil yang dipaparkan oleh webnya, ada beberapa poin penting yang menjadi garis besar seseorang dengan kepribadian ISFJ,

  • Dalam Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan David Keirsey, ia mengkategorikan ISFJ kedalam Temperamen Guardian, diperkirakan populasi ISFJ didunia yakni antara 9-14% dari populasi dunia
  • Merupakan jenis pribadi konkret dan terorganisir. Mencari keamanan dan rasa memiliki, mereka peduli dengan tugas dan tanggung jawab. Mereka unggul dalam pengorganisasian, memfasilitasi, memeriksa, dan mendukung
  • Mereka sabar dan teliti dalam menangani tanggung jawab. Meskipun tenang, mereka berorientasi pada orang lain dan sangat jeli. Teman dan keluarga cenderung menggambarkan mereka sebagai sosok bijaksana dan dapat dipercaya

Yak, poin pentingnya itu. Setelah membaca sambil menerjemahkan, padahal sebenarnya di link ini ada bahasa Indonesianya, saya cuma bisa angguk-angguk sambil senyum-senyum sendiri.

“Weh… bener ya..”

“Oh gitu…”

“Kok bisa tau sih…”

Yak, itu yang ada di pikiran saya karena baru kali ini ada yang benar-benar mengerti saya sepenuh hati segenap jiwa *halah. Hahahaha.

Lalu untuk ISFJ nya itu sendiri punya pengertian kurang lebih seperti ini:

  • I (Introversion): cenderung tenang dan pendiam. Umumnya suka berinteraksi intensif hanya dengan beberapa teman dekat daripada dengan banyak orang, dan memperoleh energi saat sedang menyendiri (ini benar sekali)
  • S (Sensing): cenderung menyukai hal konkret ketimbang abstrak. Memusatkan perhatian pada realitas ketimbang kemungkinan di masa depan (ini juga benar, saya realistis banget orangnya)
  • F (Feeling): cenderung menghargai pertimbangan pribadi dalam mengambil keputusan. Seringnya mengutamakan implikasi sosial ketimbang logika (ah ini juga, lebih sering mikirin dampaknya duluan sebelum logikanya main)
  • J (Judgement): cenderung merencanakan kegiatan dan membuat keputusan di awal. Mereka mengontrol melalui prediktabilitas (seperti yang dijelaskan di awal, saya orangnya memang terorganisir banget, mau nggak ngapa-ngapain aja harus direncanakan, lho)

Terus untuk ciri-ciri umum ISFJ, ada beberapa poin yang menurut saya itu saya banget,

  • Kaya akan informasi yang dikumpulkan mengenai manusia (sebut saya stalker terniat)
  • Jeli dalam memahami perasaan, dan reaksi orang lain (tapi sayangnya tertutup oleh gengsi yang terlampau tinggi)
  • Dapat diandalkan untuk mengikuti hal-hal sampai selesai (alasan mengapa saya selalu menonton habis tiap episode kdrama walau ceritanya jelek pakai banget)
  • Stabil, praktis, bersahaja, tidak suka bekerja dengan teori dan pemikiran abstrak (karena memang yang seperti itu njlimeti)
  • Memegang nilai keamanan, tradisi, dan hidup damai (nggak suka lihat konflik memang sih)
  • Berfokus pada apa yang orang lain butuhkan dan inginkan (malah nggak fokus sama dirinya sendiri hesemeleh)
  • Baik dan penuh perhatian (ini self branding alias riya)
  • Cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas mereka sendiri (ini juga termasuk self branding alias riya)
  • Mengambil tanggung jawab dengan serius (woy udah cukup woy self brandingnya elah)

Untuk kelemahannya ISFJ sendiri nggak sedikit kok,

  • Terlalu rendah hati dan pemalu (yak ini nggak baik, jadi sulit berkembang ya kan)
  • Terlalu membawa semua hal untuk dirinya sendiri (maksudnya apa-apa disimpan sendiri, tertutup kalau soal masalah personal)
  • Terlalu menahan perasaannya (meskipun sebenarnya sensitif, tapi lebih mementingkan perasaan orang lain, jatuhnya bikin sakit psikis ini kalau berkelanjutan)
  • Terlalu memaksakan diri (selalu berusaha tapi nggak sadar diri karena takut akan ekspetasi orang lain)
  • Enggan berubah (ya ini namanya konsisten *pembelaan ngawur)
  • Terlalu mengutamakan kepentingan orang lain (yang bikin seorang ISFJ pekewuh, jatuhnya kalau kelamaan bisa stres kali ya mentingin orang lain terus soalnya wkwk)

Intinya sih, kata kunci dari seorang ISFJ itu ada empat:

  • Terorganisir
  • Mempertahankan apa yang telah berhasil dilakukan
  • Membangun kesepakatan
  • Seorang yang terampil

 

ok-fimage-isfj
ISFJ dalam grafis

So, itu sedikit yang bisa saya jelaskan mengenai kepribadian seorang ISFJ. Mungkin setelah membaca ada yang merasa ini gue banget? Kalau ada, kita harus ketemu! Saya penasaran bagaimana melihat kepribadian saya sendiri ada di orang lain hahaha.

Untuk kalian yang mau atau pernah mencoba tetapi lupa, silakan klik link-nya di sini

Selamat mencoba! ^^

 

31 pemikiran pada “Ternyata Saya Seorang ISFJ

      • Iya udah dari sononya saya nggak suka kumpul2. Apalagi kalo bicara sama orang, sering gugup. Kalo di bulog ma bisa komen2an tanpa gugup karena penulisnya mikir dulu. Jadi nggak takut salah ngomong.

  1. Kamu strong ya za, nonton kdrama walau jelek. Aku mah intip awal, cek akhir, udah selesai. wkwk

    aku ENFP-A, berlawanan ga ya? *eh kok ngajak rusuh

      • aku ngikutin kuis kayak giniian kan banyak ya za, hasilnya beda-beda tapi kecenderung hasilnya aku ambivert, tapi klo dipikir-pikir banyak benernya juga 😀
        oh ya, udah pernah nyoba tes-tes yang plagmatis, melankolis,dll??

      • Ternyata kak Kunu ambivert yhaa *angguk-angguk*
        Udah pernah kak dulu SMP sama SMA. Kalau pas SMP hasilnya sanguinis, eh pas SMA berubah jadi plegmatis wkwkwk xD

      • iyaa, padahal sblum ikut tes aku pikir aku intvt tapi pas aku pikir-pikir lagu aku sk kmpul-kmpul gtu pgn mlbtkn org lain d aktvitasku, mngkin aku ektvt eh setelah tes aku berada di ambvrt lbih k ekstrvt, huhaha 😀

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s