5 Drama Korea Terbaik di Tahun 2016

Annyeong para pecinta drama korea! Balik lagi nih di postingan kekoreaan setelah sebelumnya membahas soal 5 Drama Korea Terburuk di Tahun 2016.

Saya akan meuliskan lima drama korea terbaik (tentunya versi saya) dari sekian banyak drama yang sudah saya tonton di tahun 2016 ya! List dramanya ada di artikel sebelumnya kok, jadi mungkin bisa dijadikan acuan.

Sebelumnya izinkanlah saya memberikan pandangan mengenai drama korea terbaik versi saya. Saya menyukai drama yang memiliki plot cerita yang baik dan unik, dengan genre komedi dan keluarga yang mendominasi. Cast/pemain dan jumlah episode bagi saya tidak menjadi fokus utama dalam menonton drama. Oke, langsung dimulai saja!

1. Reply 1988

aa
Sumber

“Waenyol”

“Hyaa!”

“Mbeeheeheek”

Yak, mungkin itu impersonate yang bisa saya berikan dari drama Reply 1988. Sebuah drama dengan genre komedi keluarga yang membuat penonton merasa dekat ketika menontonnya. Entah berapa kali saya terbahak dan menangis selama menonton 20 episodenya. Cerita yang sederhana namun mampu membangkitkan memori, membuat drama ini menjadi drama pertama di TVN dengan rating tertinggi. Keren kan? Penokohan dalam drama ini juga kuat sekali, padahal bisa dibilang banyak aktor dan aktris baru yang terlibat di dalamnya. Plot cerita yang ditampilkan juga menarik, meski memang konflik yang ada di dalamnya tidak terlalu serius. Overall, Reply 1988 masih merupakan drama terbaik yang saya tonton semasa hidup saya. Kenapa? Kalian bisa baca lewat link ini karena saya pernah menulis review lengkapnya.

2. Signal

ab.jpg
Sumber

Lagi-lagi drama dari TVN, memang TVN semakin ke sini semakin menunjukkan progressnya dalam dunia perdramaan. Setelah Reply 1988 selesai, TVN menampilkan drama dengan genre yang berlawanan, tetapi dapat menarik rating yang hampir menyalip rating dari drama Reply 1988. Daebak! Signal adalah sebuah drama dengan genre crime, mystery, dan fantasy, sebuah genre yang menurut saya bisa dibilang baru dalam dunia perdramaan. Penonton akan merasakan ketegangan di setiap episodenya, karena plot cerita yang ditampilkan amat sangat baik. Selain itu, akting dari aktor dan aktris di dalamnya juga sangat kuat. Mungkin kelemahan dari drama ini cuma karena genrenya yang fantasi, jadi cenderung tidak masuk nalar. Sebagai seseorang yang sebenarnya tidak suka drama dengan genre fantasi, Signal bisa membuat saya betah. Karena saking betahnya saya cukup menyelesaikan ke-16 episodenya dalam waktu tak lebih dari dua hari saja. Kesimpulannya, Signal ini bercerita soal detektif di masa sekarang dan di masa lalu yang saling terhubung untuk saling membantu menyelesaikan kasus-kasus pembunuhan. Untuk review lengkapya, bisa baca di sini.

3. Romantic Doctor Teacher Kim

ac
Sumber

Kalau kalian suka drama yang berkaitan dengan dunia medis, drama ini sangat direkomendasikan! Berlawanan dengan judulnya yang ‘romantis’, drama ini hanya menampilkan sedikiiit momen cinta-cintaan khas drama di dalamnya. Suer, ini drama medisnya serius pakai banget. Di tiap episodenya paling tidak ditampilkan dua kali adegan dengan latar ruang operasi. Dan itu berarti, penonton akan disuguhkan momen-momen berupa darah muncrat secara intens. Bagi saya yang takut lihat darah, ini jadi beban tersendiri ya. Karena setiap adegan operasi berlangsung, kalau nggak saya skip ya saya cuma nontonin subtitlenya aja biar paham. Penokohan yang rinci dan kuat menjadi keunggulan tersendiri di dalamnya. Selain itu, plot yang ditampilkan juga menarik. Kabarnya, drama ini minim promosi tapi selalu mendapatkan rating tinggi. Kenapa? Karena kasus-kasus yang disuguhkan ini ternyata dekat dengan masyarakat Korea. Emang patut diacungi empat jempol sih sutradanya. Terdiri dari 20 episode dan 1 episode spesial, juga dengan pilihan backsound yang omo daebak menjadikan drama Romantic Doctor Teacher Kim sangat layak ditonton. Yang penasaran dengan review lengkapnya, bisa baca di sini.

4. Age of Youth

ad
Sumber

Yang anak kos-kosan ayo angkat tangan! Yak, drama Age of Youth ini merupakan drama yang sangat dekat dengan kehidupan kos-kosan. Bercerita tentang lima cewek yang mengontrak di satu rumah yang sama, dengan sifat dan latar belakang yang jauh berbeda. Tetapi masing-masing dari kelimanya sama-sama memiliki ketakutan yang diibaratkan dengan sosok hantu di kontrakannya. Suer ini bukan drama horor, karena awalnya saya pikir ini bakalan seram, eh taunya nggak ada seram-seramnya hahaha. Lima pemain utama di dalamnya memiliki penokohan yang kuat, karena kelimanya selalu mendapatkan porsi yang sama di dalamnya. Selain itu, karena saya mahasiswa (meskipun nggak ngekos) jadi saya merasa sangat tertarik ketika menontonnya. Ditambah, backsound yang juga pas, saya jadi ngerasa seperti nonton film indie berkelas tinggi muehehe. Overall, Age of Youth jadi drama paling hangat yang pernah kutonton sih dilihat dari segi pertemanannya mereka berlima. Review lengkapnya bisa dibaca di sini.

5. Goblin

ae
Sumber

Akhirnya yang ditunggu-tunggu muncul juga hahaha. Yap, Goblin dengan genre fantasinya menjadikan kelima list drama terbaik (tentunya versi saya) menjadi lengkap. Udahlah ya nggak perlu dijelasin panjang lebar kenapa Goblin jadi salah satu drama yang must to watch. Kurang apa sih chemistry para pemainnya? Kurang bagus apa sih backsound yang dipilih? Jujur, saya termasuk shippernya Kim Shin dan Wang Yeo, bromance-nya dapet banget. Tapi untuk karakternya, saya suka sama Sunny wkwkwk. Buat yang penasaran sama review yang lengkap selengkap-lengkapnya lengkap, bisa baca di blognya kak Cinta di sini.

Buat para pecinta drama ini, plis jangan marahin saya karena masukin ke list yang terakhir. Dramanya bagus, sangat bagus, cuma genrenya bukan selera saya aja hehehe. Selain itu, kekurangan drama ini berupa alurnya yang lambat menjadikan saya sempat beberapa kali ngantuk sih waktu nontonnya hehehe. Saya juga tadinya bingung mau taruh Goblin atau Drinking Solo di urutan ke lima. Tapi baiklah, Goblin lebih memberikan kesan yang baik (juga agar tidak dibully fans-fans setia dokkaebi di sini wkwkwk).

Yak, itulah kelima drama terbaik di tahun 2016. Kesimpulan yang bisa saya kasih cuma satu. Kamu harus nonton. Menularkan kelima drama di atas ke kerabat terdekat nggak sulit kok, lebih gampang daripada ngajakin MLM-an wkwkwk.

~~~

Ohiya, mungkin buat kalian yang suka nonton drama, saya akan berikan list drama yang menurut saya worth to watch alias sangat layak untuk ditonton. Saya akan bagi berdasarkan genrenya ya!

Drama dengan genre keluarga:

  1. Reply 1988
  2. Reply 1994
  3. Reply 1997
  4. Oh My Geum Bi

Drama dengan genre komedi:

  1. Jealousy Incarnate
  2. Sound of Your Heart (webdrama)
  3. Please Come Back Mister

Drama beralur ringan dan asyik:

  1. Drinking Solo
  2. Weighlifting Fairy Kim Bok Joo
  3. Beautiful Gong Shim
  4. Oh My Ghost

Drama diluar genre di atas tapi layak untuk ditonton:

  1. Beautiful Mind
  2. Remember
  3. My Wife’s Having an Affair
  4. Kill Me, Heal Me
  5. I Miss You
  6. Gentleman’s Dignity
  7. Pinocchio

Oke, sekian dari saya dan sampai jumpa di postingan kekoreaan selanjutnya!

Kamsahamnida! Sarangheo! ^^

35 pemikiran pada “5 Drama Korea Terbaik di Tahun 2016

  1. Lima2nya aku belum nonton hahahah.. tp goblin udah download cuma belum smpet nonton, terakhir nonton the legend of blue sea. Btw udah pernah nonton she was pretty belum? Itu juga filmnya keren klo kata aku, siwonnya menggoda 😍😍

    • Segera ditonton kak itu drama Goblinnya wkwkwk xD
      Wah aku malah belum nonton Legend of Blue Sea kak ._.
      Udah pernah kak, dan emang bagus sih 👌
      Iya Siwonnya ganteng banget ya 😂 aku juga suka sama akting Park Seo Joonnya kak 😂

  2. Saya sih cuma liat yang judulnya W di 2016 😂, itu juga coba coba. Eh ternyata lumayan juga😆, udah lama gak liat drama korea. Dan sebelumnya cuma tau drama korea full house, pasta, dream high, dan drama korea yang tayang di indosiar dulu. Itu juga ikut ikut emak yang gak mau diganti chanelnya. 😁

    • Padahal saya nggak terlalu suka sama drama W kak 😂😂😂
      Wah iya tuh, drama-drama lama yang tayang di Indosiar, nontonnya zaman SMP dulu kak, tapi dubbingannya jadi aneh wkwk 😂

  3. 1, 4, 5, udah nonton dan ga nyesellllll. No 2 dan 3 ga nonton karena emang ga suka drama bergenre kaya gt. 😂
    Sekarang lagi ngumpulin niat buat nonton Bok Joo, semoga ga ngecewain deh hihi

    • Namanya selera ya kak Ata, aku juga nggak suka drama genre fantasi sebenarnya sih wkwkwk 😂
      Kalau bokjoo itu bagus kok kak, cuma mungkin beberapa kali akan ngerasa bosan karena konfliknya yang nggak terlalu serius 😂

  4. Aku coba ntn romantic doctor krn kamu deh ya za, awas aj klu mengecewakam wkwkw

    akusih oh my ghost, dots, goblin, master sun, udh yg lucu2 pokoknya wkwk

    • Hmm nggak akan mengecewakan kok kak Ris, selama kak Ris suka drama medis-medis gituhhh
      Wkwkwk iya itu semuanya lucu ringan menyenangkan yang disebut sama kak Ris. Cuma master sun aja yang belum nonton 😂

  5. Pengen nonton yang replay 1988 banyak yang bilang bagus, goblin jalan ceritanya kurg bagus cuma slow motion sama ost nya bagus haha baru kelar nonton oh my gost.. lucu haha

    • Iya wajib ditonton kak Reply 88 nya dijamin nggak akan nyesel kok xD
      Wah sama kak! Emang Goblin yang bikin bagus cuma bromance nya aja menurutku, karena emang nggak suka drama genre fantasy hahaha
      Oh my ghost itu jatuhnya drama receh ya kak, ringan-ringan kocak, sejenis weighlifting fairy book jo xD

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s