Ingin Mengoceh Saja

Menulis bagi wartawan adalah keseharian. Menulis bagi wartawan serupa sarapan, menjadi rutinitas yang bila tidak dilakukan terasa kurang.

Aku bukan wartawan, aku hanya sedang tertawan di media surat kabar harian. Aku baru paham, ritme wartawan media cetak sesungguhnya menyedihkan. Pagi sampai siang mencari bahan. Sore sampai malam membuat tulisan. Dini hari mencetaknya untuk kemudian diedarkan.

Tidak ada hari libur, tanggal merah pun tetap lembur. Bisa tidur empat jam sehari juga syukur.

Menjadi wartawan media cetak sesungguhnya menyedihkan. Kalah saing dengan situs berita mudah akses dan serba instan. Oplah menurun, sepi iklan, sedikit pelanggan.

Aku bukan wartawan, aku hanya sedang menunaikan kewajiban. Mata kuliah 3 sks bernama magang yang menyenangkan, juga menjemukan.

Senang karena setiap hari aku dituntut membuat tulisan. Beberapa kali seminggu juga terjun langsung ke lapangan untuk liputan. Aku dapat banyak pengalaman.

Tapi terkadang menjemukan. Ada bosan yang hadir tiap menulis berita atau artikel untuk diterbitkan. Aku juga jadi sulit menulis sebebas dulu tanpa beban. Sekarang jemariku reflek mengetik 5w+1h atau unsur berita lain, padahal sedang tidak menulis untuk koran.

Mungkin ada baiknya aku menambah bacaan. Agar tulisanku makin ke sini tidak semakin mirip wartawan.

39 pemikiran pada “Ingin Mengoceh Saja

  1. Media surat kabar harian… Hummm..
    Media surat kabarnya sudh mulai online, belum?. Melihat ramalan para pebisnis sekrang, kalau bisnisnya tidak di online-kan, akan cepat bangkrut nantinya.
    Respect untk profesi wartawan!
    Demi menyajikan berita, rela mengurangi waktu tidur.
    Semangat.

  2. Dilaporkan teman-teman media online mudah mendapat bahan hanya dengan klik kanan ada post harian. Ga perlu punya kenalan agar dapat berita harian, tanpa bantuan langsung ditebarkan. Tapi yg online masih harus terima kritik dan saran karena banyak berita yg dipalsukan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s