Rekomendasi Drama: Wise Prison Life atau Prison Playbook

Sudah lama sepertinya saya tidak mereview drama ya? Tahun 2017 kemarin bisa dibilang tahun hiatus saya dari dunia perdramaan. Adakalanya rasa bosan menyiksa ketika menonton drama yang alurnya ya paling gitu-gitu aja meskipun banyak yang bilang bagus. Yak, dibanding tahun 2016, tahun 2017 memang lebih banyak menyuguhkan drama-drama menarik. Tapi entah mengapa semangat menonton drama sepertinya memudar di tahun 2017. Hanya yang benar-benar bagus menurut saya yang bisa saya tonton sampai tuntas. Sebutlah di genre crime-thriller-mystery ada Voice, Tunnel, Signal, Secret Forest, Witch’s Court dan Missing Nine yang rekomen sekali untuk ditonton. Lalu di genre slice of life ada Because This is My First Life, Age of Youth 2, Avangers Social Club, dan Go Back Couple yang tentu juga rekomen ditonton. Lalu ada beberapa yang ‘katanya’ bagus namun menurut saya biasa aja seperti Fight for My Way dan While You Were Sleeping. Weh ternyata banyak juga yang saya tonton ya meski sedang hiatus hahaha. Yang jelas di tahun 2017, saya lebih menggemari drama-drama bergenre crime-thriller-mystery.

Lalu di akhir tahun 2017, muncullah sebuah drama yang di awal-awal kemunculannya sempat tidak tercium baunya. Sebuah drama yang awalnya saya dapat dari rekomendasi seorang teman pecinta drama expert. Ehm, expert di sini dalam artian pokoknya segala drama rekomendasi dia akan saya tonton karena dia tahu benar mana drama yang benar-benar berkualitas meski disebut ‘underrated’. Gomawo, Mbak Aul saranghae!

Yak, drama itu adalah Wise Prison Life atau Prison Playbook. Drama yang ternyata disutradarai oleh Shin Won Ho ini jelas akan menimbulkan kesan yang berbeda dari drama yang lainnya, mengingat ahjussi yang satu ini juga menyutradai drama terbaik yang pernah saya tonton seumur hidup yaitu Reply Series (1988, 1994, 1997). Ahjussi yang satu ini memang daebak!

Setelah menonton 16 episode Wise Prison Life kesan yang bisa saya berikan adalah,

Tak kusangka kehidupan di penjara bisa semenyenangkan ini…

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (7)
Kelihatannya serem kan? Padahal aslinya kocak parah hahaha

Jadi Wise Prison Life atau Prison Playbook ini bercerita tentang kehidupan para ahjussi-ahjussi ‘tidak baik’ di penjara. Dengan menggunakan satu tokoh utama yaitu Kim Je Hyuk, seorang pemain baseball terkenal sejagad Korea Selatan yang terpaksa didakwa dan masuk penjara karena melindungi adiknya. Di awal episode diceritakan, Kim Je Hyuk sedang berlari mengejar seseorang yang hendak memperkosa adiknya di apartemen. Kim Je Hyuk mengejar orang tersebut hingga ke rooftop dan memukulinya hingga koma. Kim Je Hyuk dilaporkan oleh keluarga-yang-merasa-dirinya-korban-padahal-mah-aslinya-tersangka-kan-ya dan divonis hukuman penjara satu tahun.

Lalu kalian pasti sudah bisa menebak akan seperti apa dan mengapa drama ini diberi judul Wise Prison Life. Iya, karena adegan berikutnya tentu berlatar penjara, penjara, dan penjara.

Sebelumnya biar saya kenalkan dulu sebagian pemain dramanya:

wise

Itu mungkin baru separonya saja, karena di Wise Prison Life ini para pemain datang dan pergi, saking banyaknya saya nggak hapal semua pemainnya. Sebutlah beberapa tokoh yang sering muncul di antaranya:

Wise_Prison_Life-Park_Hae-SooWise_Prison_Life-Lee_Kyu-HyungWise_Prison_Life-Park_Ho-SanWise_Prison_Life-Choi_Moo-SungWise_Prison_Life-Jung_Hae-InWise_Prison_Life-Jung_Min-SungWise_Prison_Life-Kang_Seung-Yoon

 

Wise_Prison_Life-Kim_Sung-Cheol_(1991)Wise_Prison_Life-Ahn_Chang-HwanWise_Prison_Life-Kim_Han-Jong_(1982)Wise_Prison_Life-Lee_Ho-CheolWise_Prison_Life-Joo_Suk-Tae

 

 

 

 

 

 

Dari kiri atas:

Kim Je Hyuk: Si atlet baseball yang mahir sekali bermain baseball tapi bego dalam segala urusan termasuk percintaan. Karakter paling bijak di Wise Prison Life, suka membaca buku selama di penjara dan tetap berlatih baseball agar selepas keluar penjara tetap bisa bermain baseball. Satu-satunya penghuni penjara yang membaca semua kitab dari segala agama, termasuk Al-Qur’an yang disebut olehnya sebagai ‘Conan’.

Hanyang: Salah satu tokoh favorit saya, karakternya segar karena belum pernah ditemui di drama lainnya. Tingkah polahnya imut kayak anak perempuan, sengak, to the point, slengekan, tapi pintar luar biasa karena lulusan Seoul University. Masuk penjara karena ibunya yang melaporkannya tengah menggunakan narkoba. Jadi karakternya dia ya emang kayak orang yang lagi high, tapi lucu sekali. Punya kisah cinta yang unik karena pacarnya juga laki-laki hehehe. Pernah lihat Secret Forest? Kalau pernah, karakter Hanyang di sini berbeda 180 derajat dengan peran antagonis nan menyebalkan di drama itu. Di episode 15, kalian akan diberi kejutan dari seorang Hanyang, siap-siap saja ya!

Kaist: Si tua nan cadel yang sok kegantengan dan sok keren. Lidahnya teramat pendek, jadi setiap ngomong kayak anak kecil, nggak jelas maksudnya apa. Hobi ngomong, paling cerewet di antara teman-teman satu selnya. Pintar memperbaiki peralatan-peralatan di sel yang rusak, kayak televisi dan radio. Masuk penjara karena menipu orang-orang.

Min Chul: Divonis masuk penjara seperempat abad lamanya karena menjadi gangster yang kejam. Sudah banyak orang yang mati di tangannya. Tapi selama di penjara, Min Chul banyak belajar agama dan memutuskan taubat. Orang kedua terbijak di penjara. Karena paling tua, Min Chul yang paling disegani dan juga menjadi ketua sel. Meskipun menakutkan karena di badannya banyak tato, Min Chul termasuk kalem dan pasrah, tapi kalau teman satu selnya diperlakukan buruk, Min Chul bisa kembali ke watak asli gangsternya. Serem.

Captain Yoo: Tentara yang masuk penjara karena divonis menyiksa anak buahnya sampai mati. Padahal sebenarnya Captain Yoo hanyalah korban dari bobroknya hukum di Korea sana. Captain Yoo bukanlah pembunuh, hanya dijadikan tumbal oleh orang-orang berkuasa. Sifatnnya di awal-awal kemunculannya terlihat seram, namun setelahnya Captain Yoo dikenal sebagai seseorang yang suka kerapihan dan kebersihan. Tidak suka kopi manis dan benci (tapi sebenarnya sayang) sama Hanyang karena hampir tiap hari berantem.

Gobaksa: Si jenius yang divonis masuk penjara dengan kasus yang sama, dia dijadikan tumbal. Bedanya, Gobaksa dijadikan tumbal oleh perusahaannya atas tuduhan penggelapan uang. Gobaksa diiming-imingi mendapatkan gaji dua kali lipat lebih banyak jika mau mengaku kalau dirinya adalah tersangka. Gobaksa lulusan hukum, dialah yang selalu mengirim surat kritik dan saran kepada para polisi di penjara agar mendapatkan hak-hak tahanan yang belum sepenuhnya para tahanan dapatkan. Gobaksa teman karib Kim Je Hyuk di sel, ia selalu memperhatikan Kim Je Hyuk saat latihan baseball.

Dari kiri bawah:

Janbaljang: Divonis karena mencuri roti di toko roti. Yap, mencurinya cuma satu roti kok, satu truk roti maksudnya hahaha. Janbaljang teman dekat Min Chul di sel. Sayang, kemunculannya tidak seintens seperti yang saya sebut di atas tadi karena pada akhirnya Janbaljang dibebaskan dari penjara dan digantikan oleh Captain Yoo. Sifatnya humoris meskipu gemar sekali berbohong. Bahkan di penjara pun ia masih sempat mencuri. Setelah dibebaskan, Janbaljang memutuskan untuk menjadi orang baik.

Beobja: Pengikut setianya Kim Je Hyuk. Dari awal episode sampai akhir, Beobja sepertinya selalu mendapatkan peran. Beberapa kali keluar masuk penjara karena kasus yang sama, mencuri. Segala informasi tahanan dia yang paling mengerti. Boebja memutuskan mengabdikan dirinya di penjara untuk Kim Je Hyuk setelah ia mengerti jika ibunya yang tengah kritis dibantu oleh Kim Je Hyuk untuk bisa segera operasi.

Ddolmani: Si botak yang kehadirannya mengancam nyawa Kim Je Hyuk. Sekali waktu menusuk lengan kiri Kim Je Hyuk dengan sikat gigi yang diruncingi ujungnya. Namun di akhir-akhir episode kalian akan melihat Ddolmani ini ternyata tidak lebih dari seorang pesuruh yang pada akhirnya menjadi baik dan malah menjadi pesuruhnya Kim Je Hyuk.

Daehyun: Pengantar makan dan minum di penjara. Dia juga seorang tahanan. Berkepribadian baik dan seringkali diajak oleh Kaist kompromi. Asal dikasih rokok dan uang, Daehyun siap membantu apapun itu. Karena mudah diajak kompromi, saya sempat sebal dengannya yang mau-mau aja disogok untuk mencelakai Je Hyuk.

Gundal dan Ahjussi ketua kelompok pekerja: Antagonislah perannya mereka, nggak usah diceritain ya.

Selain para tahanan, ada juga beberapa polisi di antaranya:

Wise_Prison_Life-Jung_Kyoung-HoWise_Prison_Life-Jung_Woong-InWise_Prison_Life-Kang_Ki-DoongWise_Prison_Life-Ahn_Sang-WooWise_Prison_Life-Park_Hyoung-Soo

 

 

 

Joon Ho: Seorang polisi penjara yang ternyata teman dekat Kim Je Hyuk semasa kecil sampai remaja. Mantan atlet baseball yang kalah pamornya dari Kim Je Hyuk. Pintar dan amat menyayangi sahabat kecilnya. Sifatnya keras kepala dan overprotective. 

Letnan Paeng: Polisi penjara terfavorit versi saya. Kasar, keras, suka membentak, suka mengumpat, tapi dibalik setiap watak buruknya, Letnan Paeng ini ternyata menyimpan sejuta rasa kasih sayang untuk para tahanannya. Banyak plot twist dari karakter seorang Letnan Paeng yang membuat saya makin kagum di setiap episodenya.

Song: Polisi penjara paling cerewet dan paling kasihan. Dia yatim piatu, jadi teman-teman polisi dan para tahanan di penjara sudah dianggap sebagai keluarganya. Humoris dan terlalu menyayangi Captain Yoo karena ia pernah menyelamatkan hidupnya dari serangan jantung.

Kepala Polisi: Saya lupa namanya, intinya dia kepala polisi di penjara yang ditinggali Kim Je Hyuk cs. Orangnya humble dan menganggap Kim Je Hyuk adalah adiknya.

Wakil Kepala Na: Yang mengendalikan pak kepala polisi dalam mengambil keputusan. Terkadang saya berpikir dia jahat, tapi terkadang saya juga berpikir kalau dia baik. Sampai di episode 15 atau 16 dijelaskan kalau ternyata wataknya memang tegas dan selalu disiplin sejak SD.

Huft, banyak juga ya pemainnya. Capek juga ngetiknya hahaha.

Setelah pemain, mari berbicara soal isi dramanya. Intinya, drama Wise Prison Life bercerita soal kehidupan para tahanan di penjara. Tentu saja, selama menontonnya saya selalu mendapatkan insight baru soal tahanan juga penjara.

“Oh jadi gini”

“Oh gitu ya”

“Oh masak sih?”

Selain mendapatkan insight, saya sangat terhibur selama menontonnya. Komedi yang ditampilkan lucu, tipikal dark-comedy yang sangat jarang muncul di drama-drama lain. Ya gimana coba deh bayangin, ada enam orang penghuni penjara yang kelakuannya bodoh-bodoh terus dijadiin satu sel. Yaudah, ketawa aja isinya. Hilang sudah semua citra bahwa semua orang yang ada di penjara itu orang-orang jahat. Mereka nggak ada jahat-jahatnya oy, malah bikin ketawa sampai nangis wkwkwk.

Tentu selain lucu, ada beberapa klimaks dari drama Wise Prison Life ini. Konflik tetap muncul di tiap episodenya. Di beberapa episode, ada plot twist yang membuat saya tercengang sesaat. Duh, pd-nim (sutradara) emang keren banget parah! Beberapa yang saya ingat ada kejadian di mana Kim Je Hyuk ditusuk oleh Ddolmani dengan sikat gigi yang sudah diruncingi di sel tahanan, lalu saat saya menyadari kalau Hanyang ternyata punya pacar sesama jenis, atau ketika beberapa kali Letnan Paeng menunjukkan pesonanya dengan cara yang berbeda.

Pokoknya nih ya, dari senang yang biasa aja sampai senang banget, dari yang sedihnya biasa aja sampai sedih banget, ada di drama ini. Sangat direkomendasikan bagi kalian yang mengaku pecinta drama berkelas. Semuanya sempurna, akting, alur cerita, sinematografi, bahkan sampai ost-nya pun tidak ada yang mengecewakan.

Oh iya, ost dari drama ini juga bagus-bagus ya, akhir-akhir ini saya suka mendengarkannya. Untuk yang penasaran sama ke 26 ost-nya, bisa langsung terjun ke link ini:

Karena di kolom search keyword saya banyak yang penasaran dengan backsound lagu di mana Hanyang ditangkap kembali dan masuk penjara lagi di episode-episode akhir, tidak ada salahnya saya beritahu di sini ya! Lagunya punya judul Snail (Daelpangi) yang dinyanyikan dan diciptakan oleh Lee Juck. Semoga terbantu!

Dengan durasi 90 menit di tiap episodenya, jujur saja di beberapa episode terakhir saya merasa agak bosan. Tapi bagi saya tidak masalah karena rasa bosan itu sedikit-sedikit hilang karena ada humor yang diselipkan. Untuk rating, episode terakhir dari drama ini memiliki rating 11,2%. Untuk ukuran sebuah televisi kabel (TVN), rating ini sangat tinggi. Wise Prison Life kabarnya memiliki rating tertinggi keempat di TVN setelah Goblin, Reply 1988, dan Signal. Keren kan Shin Won Ho, dua dramanya masuk ke empat teratas rating tertinggi di TVN. Jadi jangan pernah ragukan kemampuannya dalam menyutradarai drama ya!

Nilai saya untuk Wise Prison Life adalah 9/10 alias mendekati sempurna. Sebuah drama yang lebih dari kata layak untuk ditonton. Karena Wise Prison Life adalah mahakarya.

Selamat menonton!

Bonus foto ya!

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (1)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (3)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (4)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (5)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (2)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 07.25.50 (8)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.42 (5)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.42 (4)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.42 (2)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.42 (1)

WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.42

WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.42 (3)
Hampir seluruh pemain Wise Prison Life
WhatsApp Image 2018-01-21 at 10.58.43 (2)
Terima kasih untuk semua kru dan staf karena sudah menyajikan drama yang luar biasa!
Iklan

26 thoughts on “Rekomendasi Drama: Wise Prison Life atau Prison Playbook

    • Asli lucu parah Jen wkwkwk kamu harus nonton!
      Nggak kok, mereka berdua pegang mawar sambil debat sebenarnya filosofi dari bunga mawar itu apa, scenes ini ngakak sih 😂

  1. 360 derajat itu sama dengan 0 derajat. Jadi sebenarnya ungkapan “berbeda 360 derajat” itu ungkapan yang salah! 😀 Yang tepat adalah “berbeda 180 derajat”.

    Btw, saya suka kagum sama orang yang bisa bikin review kayak gini. Entah itu review film, drama, ataupun buku. Karena seumur-umur saya baca buku ataupun nonton film/drama/semisalnya gak pernah bisa buat review-nya.. Mantap!

    • Wah ada yang menotice! Sengaja dibikin 360° karena aku berpikir aih paling nggak ada yang baca dengan saksama. Eh ternyata
      kak Yusuf ngeh ya, I really appreciate it 😂

      Ahahaha, aku juga nggak semua direview kak, yang benar-benar berkesan aja menurutku dan menyebarkan sesuatu yang baik juga menyenangkan kan 😁
      Coba sesekali kak, meskipun capek tapi bahagia aja bisa memberi feedback untuk mengapresiasi suatu karya

      • Mungkin banyak juga yang baca, cuma mungkin pemahaman orang yang bacanya salah, hehe.. Kayaknya masih banyak juga yang menyebut perubahan/perbedaan total dengan istilah “berubah/berbeda 360 derajat”, bukan “berubah/berbeda 180 derajat”..

        Itu semua “mungkin” ya.. Sok tahu sekali saya, haha..

    • Ahahaha bener eonni, si akang Jung Hae In itu! Yang jadi secondlead di wyws!
      Eonni harus pake wajib nonton karena akang ini screennya banyak juga ada 9 episode dia masuk terus wkwkwk

  2. Hiatus apa-apaan wkwk
    Seperti biasa ya, analisis karakternya tajam terpercaya hmm
    Tuhkan! Sudah kuduga Hanyang homo! Bisa bener gitu nebak dari mukanya yak. Tentang dramanya, sepertinya minimnya oppa plus kaya humor (?) bisa jadi nilai menggiurkan. Included to kepo-list!

  3. semalem baru nyelesaiin ini 4 episode terakhir sekaligus karna temen kantor udh pada nyelesain ini drama. super recommended sih ini mah. beda banget ddari drama2 yang biasanya. tumbenan ada drama kehidupan penjara rasa camp pramuka kek gini. Dan pastinya Paeng Bujang-Nim emang paling ku cinta ❤

  4. Lagi nonton drama ini, nih. Senang nemu review ini.

    Menurutku akting pemerannya Hanyang keren banget. Di Secret Forest juga keren gila. Dan di sini lebih gila lagi. :))

    Btw Janbaljang itu bukan anaknya Min Chul ya? Aku baru nonton sampe episode 2.

    • Ahiya, setuju sekali kak, akting Hanyang keren pake banget :3
      Tapi lebih keren pas jadi Hanyang ya kak heuheu

      Bukan kak, Janbaljang bukan anaknya Min Chul kok, hanya Janbaljang yang menganggap Min Chul sebagai bapak kandungnya

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s